Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Gurame yang Mudah Dijalankan

Memahami tata cara budidaya ikan gurame yang benar sangatlah penting. Apalagi ikan gurame merupakan ikan yang memiliki harga yang mahal jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya, seperti ikan lele, nila, mujair dan lainnya. Sehingga berbisnis ikan gurame memiliki prospek yang sangat bagus.

Selain harga yang lumayan mahal, permintaan ikan gurame juga sangat tinggi dan selalu stabil dikarenakan produksi atau budidaya ikan gurame masih sangat kurang. Bandingkan dengan usaha bibit ikan hias yang juga sangat potensial.

Oleh karena itu, berbisnis atau ternak gurame ini sangat menjanjikan. Nah Jika anda tertarik untuk budidaya ikan gurame, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui tata cara budidaya ikan gurame yang benar agar nantinya bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Faktor pendukung dalam melakukan budidaya ikan gurame sangatlah memadai. Teknis atau cara budidaya ikan gurame sangat mudah didapatkan, ketersediaan lahan yang masih sangat luas, pakan yang selalu tersedia sepanjang waktu, serta banyak yang jual bibit ikan gurame yang sangat mudah didapatkan.

cara budidaya ikan gurami

Untuk itu, kami akan membagikan informasi langkah penting dalam ternak ikan gurame yang benar sehingga anda bisa menjadikannya sebagai bahan referensi.

6 Langkah Tata Cara Budidaya Ikan Gurame

Buat Anda yang ingin menjalankan usaha ternak ikan gurame, ada sejumlah langkah yang sebaiknay diperhatikan dengan benar. Berikut ini cara budidaya ikan gurame yang benar yang mudah dijalankan yang wajib Anda tahu.

1. Lokasi Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame termasuk ikan yang dapat hidup di berbagai tempat. Akan tetapi, kondisi lahan atau lokasi budidaya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan atau tumbuh kembang dari ikan gurame tersebut. Oleh karena itu, salah satu tata cara budidaya ikan gurame yang benar adalah selalu memperhatikan kualitas lahan untuk budidaya.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada lahan adalah kondisi tanah, keasaman air, suhu air, oksigen serta kesuburan air. Adapun syarat pemilihan lahan agar gurame dapat hidup dengan baik adalah sebagai berikut :

  • Jenis tanah memiliki tekstur yang gembur dengan kandungan pasir 40%
  • Air yang kaya zat hara dan mineral
  • Suhu 25-28 C
  • Ketinggian air 200-500 meter di atas permukaan laut.
  • Oksigen yang memadai

2. Tahap Persiapan Budidaya Ikan Gurame

Sebelum melakukan budidaya anda harus membuat kolam terlebih dahulu, karena kondisi kolam akan sangat menentukan hasil budidaya. Ada beberapa jenis kolam yang harus dipersiapkan untuk budidaya, yaitu kolam perawatan induk, kolam pemijahan, kolam peredaran atau pemeliharaan bibit ikan, kolam pembesaran, serta kolam pemberokan.

Selain kolam, anda juga harus menyediakan sarana penunjang lainnya seperti substrat tempat bertelur, alat pengangkutan, aerator, alat penangkapan dan kebutuhan lainnya.

3. Tahap Pembenihan Ikan Gurame

Tahap pembenihan meliputi kegiatan pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur dan perawatan larva hingga berukuran 4 cm. Larva atau benih ikan yang sudah berukuran 10-15 gram atau berumur 4 bulan sudah dapat didederkan.

4. Tahap Pendederan Ikan Gurame

Tahap lainnya dalam cara budidaya ikan gurame adalah tahap pemeliharaan benih berukuran 10-14 cm hingga berukuran 150 gram per ekor atau berumur sekitar 6 bulan dari saat penetasan telur. Lihat juga yang jual benih ikan.

5. Tahap Pembesaran Ikan Gurame

Tahap ini merupakan lanjutan dari pendederan. Bibit ikan murah yang sudah didederkan akan dirawat hingga memiliki bobot 500 gram atau sesuai dengan permintaan konsumen, karena ada beberapa konsumen yang meminta gurame dengan bobot di atas 500 gram.

6. Panen

Tahap ini adalah tahap terakhir. Pada tahap ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari antara pukul 05.00-08.00 agar ikan tetap segar dan tidak stres. Pemanenan dilakukan dengan membuang semua air di kolam.

Demikianlah informasi tentang tata cara budidaya ikan gurame yang benar sebagai usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan. Silahkan anda praktekkan langkah demi langkah yang telah disebutkan agar Anda bisa menjadi peternak ikan gurame yang sukses.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *