Bisnis Roti Bakar, Usaha Kecil Menguntungkan dengan Modal Kecil

Bingung memilih usaha kecil menguntungkan yang membutuhkan modal kecil, kenapa tidak mencoba bisnis roti bakar? Bisnis dalam bidang kuliner tak pernah habis-habisnya. Setiap menit selalu ada saja orang kaya dalam bidang makanan dan minuman di seluruh dunia.

Salah satu peluang dalam bidang makanan yang sangat menjanjikan adalah usaha roti bakar. Karena makanan ini sangat disukai anak-anak sampai orang dewasa. Dengan rasa yang enak, manis dan lezat serta menyehatkan.

bisnis roti bakar

Untuk memulai usaha roti bakar, diawali dengan mempunyai resep pembuatan roti bakar yang enak dan lezat. Oleh sebab itu, pastikan anda memiliki resep roti bakar yang lezat dan enak.

Keuntungan Bisnis Roti Bakar, Usaha Kecil Menguntungkan

Di pasaran harga roti bakar bervariasi dari mulai Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu. Untuk keuntungan menjalankan usaha kecil menguntungkan dengan berjualan roti bakar, antara lain:

1. Mudah Terjual

Semua orang sangat menyukai roti bakar. Sehingga usaha roti bakar gerobak keliling ataupun mangkal akan senantiasa lalu keras setiap hari. Begitu pun ketika anda menjualnya secara online menggunakan aplikasi media sosial dan ojol seperti Grab Food dan Go Food.

2. Tak Mengenal Musim

Pada waktu musim hujan maupun musim kemarau, usaha roti bakar tetap laris manis. Bisnis kuliner ini termasuk jenis usaha sepanjang masa.

3. Harga Terjangkau

Harga roti bakar berbeda-beda di setiap daerah. Misalkan harga roti bakar di pedesaan terpencil sebesar Rp 20 ribu. Sedangkan harga roti bakar di kota bisa mencapai Rp 30 ribu. Dengan harga terjangkau membuat gerai roti bakar selalu dipenuhi para konsumen.

Rincian Modal Usaha Kecil Menguntungkan Roti Bakar

Usaha roti bakar dapat dijalankan menggunakan gerobak keliling, sepeda motor keliling maupun mangkal di tempat strategis atau menjalankannya secara rumahan menggunakan aplikasi GoFood dan medsos.

usaha kecil menguntungkan

Buat Anda yang ingin menjalankan usaha kecil menguntungkan ini, berikut rincian biaya modal usaha roti bakar yang meliputi:

Biaya Investasi

  1. Etalase berukuran menengah Rp 1,5 juta
  2. Tenda dan payung Rp 3 juta
  3. Alat pembakaran yang terbuat dari bahan alumunium stainless steel Rp 900 ribu
  4. Perlengkapan masak seperti capitan dan kipas Rp 1 juta
  5. Meja dan kursi Rp 500 ribu
  6. Kompor gas dan perlengkapannya Rp 500 ribu
  7. Peralatan makan dan minum. Seperti garpu, sendok, piring dan gelas Rp 600 ribu

Total biaya investasi usaha kecil menguntungkan berupa bisnis roti bakar adalah sebesar Rp 8 juta.

Biaya Operasional Per Bulan

  1. Bahan baku roti tawar Rp 3 juta
  2. Gaji karyawan Rp 1 juta
  3. Biaya jasa kebersihan dan tukang sampah Rp 100 ribu
  4. Biaya listrik bulanan Rp 60 ribu
  5. Kayu arang Rp 340 ribu
  6. Telur, pisang, kornet dan meises Rp 2 juta
  7. Mie instant rebus Rp 500 ribu
  8. Mie instant goreng Rp 500 ribu
  9. Mentega atau margarin Rp 300 ribu
  10. Susu kental manis Rp 1,5 juta
  11. Keju Rp 2 juta
  12. Selai cokelat, nanas, kacang, stroberi dan lainnya Rp 700 ribu

Total biaya operasional bulanan usaha roti bakar sebesar Rp 11,5 juta.

Cara Membuka Usaha Roti Bakar Bagi Pemula

Untuk membuka usaha kecil roti bakar, usaha kecil menguntungkan dengan modal kecil ini, ternyata sangat gampang. Berikut ini tahapannya :

1. Persiapan Lokasi Usaha

Untuk lokasi usaha bisa anda buka di depan rumah asalkan terletak di tempat strategis yang mudah dijangkau dan dilihat orang di pinggir jalan raya yang ramai lalu lintas manusia. Tempat yang strategis lainnya bagi usaha roti bakar adalah dekat kampus, pasar, sekolah, permukiman padat penduduk, dan lainnya.

2. Persiapkan Seluruh Peralatan

Yang meliputi booth atau gerobak, peralatan pembakaran roti, capitan roti, kipas angin, wadah-wadah untuk menyimpan selai dan meises, etalase, kursi, meja, kompor gas, pisau, garpu, piring, gelas dan tenda serta lampu penerangan yang baik.

Baca juga: Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Setelah itu, siapkan pula roti tawar, margarin, susu kental manis dan berbagai macam selai dan meises yang dimasukan ke dalam wadah masing-masing. Siapkan pula kornet, sosis, kacang, pisang, selai, keju, coklat, meises sebagai bahan isian.

Untuk meningkatkan laba usaha kecil menguntungkan ini, anda bisa menambahkan dengan usaha aneka gorengan, martabak telor, martabak manis, dan lain sebagainya.

3. Menggaji Karyawan

Jika usaha roti bakar anda sudah berjalan lancar dan menguntungkan maka anda bisa mengambil opsi merekrut karyawan. Dengan hal ini anda akan mempunyai lebih banyak waktu luang dan bisa pula membuka usaha roti bakar di tempat lain.

4. Promosi

Supaya usaha roti bakar anda laris manis maka anda bisa melakukan promosi usaha seperti memasang spanduk besar di depan gerobak usaha roti bakar anda. Kemudian jangan lupa untuk melakukan promosi online melalui media sosial atau promosi mulut ke mulut.

Itulah informasi tentang peluang usaha kecil menguntungkan dengan menjlankan bisnis roti bakar yang memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan inspirasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *